2/14/2013



NAMA                 :  NURSEHA
          NIM                      :  F51112252
          JURUSAN            :  SASTRA DAERAH 2012
v Pengertian Fonologi
·         Fonologi adalah subdisiplin ilmu linguistik yang mempelajari bunyi bahasa secara umum, baik bunyi bahasa yang memperdulikan arti (fonetik) maupun tidak (fonemik). Setiap penutur mempunyai kesadaran fonologis terhadap bunyi – bunyi dalam bahasanya.
·         fonologi adalah bagian tata bahasa atau bidang ilmu bahasa yang menganalisis bunyi bahasa secara umum. Istilah fonologi ini berasal dari gabungan dua kata Yunani yaitu phone yang berarti bunyi dan logos yang berarti tatanan, kata, atau ilmu disebut juga tata bunyi.
·         Fonologi adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk, bentuk kata, serta  perubahan bentuk kata itu, baik fungsi grametikal maupun fungsi simentik.
·         Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi”  yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
·         Fonologi ialah bagian dari tata bahasa yang memperlajari bunyi-bunyi bahasa (Keraf, 1984: 30).
v  Definisi fonlogi
Dapat saya definisikan bahwa fonologi adalah cabang ilmu linguistic yang mempelajari tentang tata bahasa , yang menganalisis bunyi bahasa secara umum, serta perubahan bentuk kata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar