2/14/2013

ririn


Oleh : asrinya yanti
F51111001
Sastra daerah












·      5 definisi fonologi dari para ahli
·      Perbandingan definisi
·      Kesimpulan



*good job & good luck always*




·      5 definisi fonologi dari para ahli
*      Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Depdikbud, 1988 : 244 ), fonologi dimaknai sebagai  ilmu tentang bunyi bahasa, terutama yang mencakup sejarah dan teori perubahan bunyi.
*      Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi”  yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
*      Verhaar (1984:36) mengatakan bahwa fonologi  merupakan bidang khusus dalam linguistik yang mengamati bunyi-bunyi suatu bahasa tertentu sesuai dengan  fungsinya untuk membedakan makna leksikal dalam suatu bahasa.
*      Menurut Fromkin & Rodman, 1998:96, Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
*      Trubetzkoy (1962:11-12), Fonologi merupakan studi bahasa yang berkenaan dengan sistem bahasa, organisasi bahasa, serta merupakan studi fungsi linguistis bahasa.

·      Perbandingan definisi
*      Saya setuju dengan pendapat yang dipaparkan oleh Kamus Besar Bahasa Indonesia ( Depdikbud, 1988 : 244 ) karena fonologi bukan hanya sebagai ilmu tentang bunyi saja melainkan harus dilihat dari aspek sejarah beserta teori-teori perubahan bunyi.
*      Dari apa yang disimpulkan oleh Abdul Chaer (2003:102) fonologi bukan hanya dapat dilihat dari aspek fon saja karena masih ada faktor yang mempengaruhi tentang bunyi bahasa.
*      Dilihat dari apa yang disimpulkan oleh Verhaar (1984:36) telah jelas terlihat bahwa pengertian fonologi yang disimpulkannya telah sangat meluas jadi dapat sangat membantu bagi seoarang pelajar pemula sehingga mereka dapat mengetahui pengertian fonologi yang lebih jelas lagi bukan hanya sekedar sebagai ilmu tentang bunyi bahasa.
*      Dari apa yang disimpulkan oleh Fromkin & Rodman, 1998:96 kita dapat mengetahui bahwa dalam fonologi bukan hanya sekedar mempelajari bunyi bahasa tetapi harus dianalisis kebenarannya dan harus selalu dibicarakan sebagai bukti dari apa yang telah dianalisis.
*      Menurut dari hasil pengamatan saya dari pendapat Trubetzkoy (1962:11-12) bahwa di sini ia kurang menekankan pengertian fonologi secara khusus yakni sebagai ilmu mengenai bunyi bahasa karena ia membahasanya dengan sangat sederhana dan kurang spesifik.
·      Kesimpulan

*      Dari pendapat kelima ahli di atas saya dapat berkesimpulan bahwa Fonologi merupakan studi bahasa yang berkenaan dengan sistem bahasa, organisasi bahasa, serta merupakan salah satu studi fungsi linguistis yang mempelajari, menganalisis, serta membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa, selain itu mencakup sejarah dan teori perubahan bunyi dan objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar