2/14/2013


SULAEHA (F51112001)
SASTRA  DAERAH
TUGAS  INDIVIDU (FONOLOGI BAHASA DAERAH)
A.   Pengertian Fonologi sebagai berikut:
ü Fonologi berasal dari bahasa Yunani, phone, "suara" dan  logos, "kata, suara, subjek percakapan"  merupakan penelitian yang dilakukan mengenai pola bunyi bahasa yaitu pada bunyi-bunyi yang berfungsi dalam suatu bahasa.
ü Fonologi merupakan sistem bunyi dalam bahasa Indonesia atau dapat juga dikatakan bahwa fonologi adalah ilmu tentang bunyi bahasa.
ü Fonologi adalah ilmu tentang perbendaharaan fonem sebuah bahasa distribusinya.
ü Fonologi adalah bagian tata bahasa atau bidang ilmu bahasa yang menganalisis bunyi bahasa secara umum.
ü Dalam kamus linguistik, fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
B.   Perbandingan dari kelima pengertian di atas sebagai berikut :
Ø Jika dilihat dari pengertian fonologi di atas, dapat dibandingkan dengan cara memperhatikan kata demi kata apa yang menjadi titik acuan dari kelima pengertian tersebut.
Ø Jika membahas masalah fonologi maka tidak akan terlepas dari pembahasan tentang bunyi bahasa, karena kita dapat melihatnya dari kelima pengertian di atas dapat dibandingkan satu persatu, dan semuanya membahas masalah bunyi bahasa.
C.  Dari kelima pengertian fonologi di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut:
v Fonologi tidak terlepas dari pengertian bunyi bahasa yang menyangkut ilmu bahasa  dan menganalisis bunyi bahasa secara umum. Oleh karena itu, fonologi merupakan bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.

 

SULAEHA  (F51112001)
SASTRA DAERAH


Tidak ada komentar:

Posting Komentar