2/14/2013

Tugas Fonologi

                                                               Muhammad Abu Naim
F511 11262
Sastra Daerah

Istilah “fonologi” berpadanan dengan  phonology di dalam bahasa Inggris. Ia merupakan satu bidang khusus dalam linguistik. Fonologi ini dulu di Amerika lebih dikenal dengan  sebutan phonemics tetapi belakangan mereka sering menggunakan istilah phonology (J.W.M. Verhaar: 1984:36). Jika kita lihat kesepakatan tim penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud, 1988:244), fonologi dimaknai sebagai  ilmu tentang bunyi bahasa, terutama yang mencakup sejarah dan teori perubahan bunyi.
Definisi Fonologi Menuru Para Ahli :
·         Menurut Frank Parker (1994), fonologi merupakan suatu bidang yang mempelajari sistem bunyi suatu bahasa: yaitu rumus-rumus yang menentukan aspek sebutan.
·         Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi”  yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
·         Menurut Verhaar (1984:36) mengatakan bahwa fonologi  merupakan bidang khusus dalam linguistik yang mengamati bunyi-bunyi suatu bahasa tertentu sesuai dengan  fungsinya untuk membedakan makna leksikal dalam suatu bahasa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, leksikal artinya bersangkutan dengan kata (Depdikbud, 1988:510). Jadi bunyi bahasa yang dimaksud oleh Verhaar di sini adalah bunyi-bunyi bahasa yang berfungsi membedakan makna kata.
·         Menurut Kridalaksana (2002) dalam kamus linguistik, fonologi adalah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
·         Menurut Fromkin & Rodman (1998:96) Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.

Dengan kata lain, fonologi adalah ilmu tentang perbendaharaan fonem sebuah bahasa. Dalam penelitian fonetik, ahli bahasa mempelajari bagaimana bunyi-bunyi fonem sebuah bahasa direalisasikan atau dilafalkan. Fonetik juga mempelajari cara kerja organ tubuh manusia, terutama yang berhubungan dengan penggunaan bahasa. fonologi menjelaskan cara fungsi suara dalam bahasa tertentu atau bahasa pada umumnya, pada tingkat abstrak atau mental.
Fonologi ini mempelajari sistem suara bahasa dari sudut pandang peran bahasa tersebut dalam sistem komunikasi linguistik. fonologi terkait erat dengan fonetik, tetapi keduanya memiliki fokus yang berbeda. Fonetik mempelajari sifat fisik dari produksi dan persepsi bunyi-bunyi ujaran (disebut headset), fonologi berkaitan dengan cara sistem bunyi terorganisir dalam bahasa, mengelompokkan ke dalam unit-unit yang mampu membedakan maknanya atau suatu bunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar