2/14/2013



DEFINISI-DEFINISI FILOLOGI MENURUT PARA AHLI


  • ·         Definisi Fonologi menurut Abdul Chaer, secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi”  yang berarti “ilmu”.

  • ·         Definisi Fonologi menurut Verhaar, bahwa fonologi  merupakan bidang khusus dalam linguistik yang mengamati bunyi-bunyi suatu bahasa tertentu sesuai dengan  fungsinya untuk membedakan makna leksikal dalam suatu bahasa.

  • ·         Definisi Fonologi menurut Fromkin & Rodman

Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.

  • ·         Definisi Fonologi menurut Trubetzkoy

Fonologi merupakan studi bahasa yang berkenaan dengan sistem bahasa, organisasi bahasa, serta merupakan studi fungsi linguistis bahasa.

  • ·         Definisi Fonologi menurut Daniel Jones, Sarjana fonologi Inggris. Fonologi ialah sistem bunyi  sebuah bahasa.


Jadi, fonologi merupakan ilmu yang berkonsentrasi pada bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Fonologi juga membicarakan runtunan bunyi-bunyi bahasa dan cara menganalisnya. Dengan demikian, kegiatan mempelajari bunyi bahasa idealnya tidak hanya sebatas upaya pengenalan bunyi-bunyi itu, tetapi juga harus diiringi dengan latihan menganalisis bunyi-bunyi bahasa tersebut dari segala segi.



THASYA SAFIRA (F51112253)
SASTRA DAERAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar