2/14/2013

Nama              : Nurul Asri Rahayu
Jurusan          : Sastra Daerah
Nim                 : F51112902



Pengertian Fonologi Menurut Beberapa Linguis
·         Menurut Abdul Chaer (2003:102), secara etimologi istilah “fonologi” ini dibentuk dari kata “fon” yang bermakna “bunyi” dan “logi”  yang berarti “ilmu”. Jadi, secara sederhana dapat dikatakan bahwa fonologi merupakan ilmu yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa pada umumnya. Objek kajiannya adalah “fon” atau bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
·         Verhaar (1984:36) mengatakan bahwa fonologi  merupakan bidang khusus dalam linguistik yang mengamati bunyi-bunyi suatu bahasa tertentu sesuai dengan  fungsinya untuk membedakan makna leksikal dalam suatu bahasa. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, leksikal artinya bersangkutan dengan kata (Depdikbud, 1988:510). Jadi bunyi bahasa yang dimaksud oleh Verhaar di sini adalah bunyi-bunyi bahasa yang berfungsi membedakan makna kata. fonologi dipandangnya  sebagai satu cabang ilmu yang menyelidiki tentang “perbedaan minimal / minimal differences /  pasangan minimal antara ujaran-ujaran.
·         Menurut Kridalaksana (2002) dalam kamus linguistik, fonologi adalah bidang dalam linguistic yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya.
·         Definisi Fonologi menurut Fromkin & Rodman (1998:96) Fonologi adalah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa.
·         Definisi Fonologi menurut Trubetzkoy (1962:11-12)Fonologi merupakan studi bahasa yang berkenaan dengan sistem bahasa, organisasi bahasa, serta merupakan studi fungsi linguistis bahasa.
Berdasaran dari beberapa defenisi dari para ahli di bidang linguistic mengenai Fonologi diatas, saya dapat menarik kesimpulan bahwa Fonologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai bunyi bahasa sesuai dengan fungsinya yakni untuk membedakan makna kata, baik itu berupa mempelajari, menganalisis, ataupun membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa itu sendiri. `


Tidak ada komentar:

Posting Komentar