2/14/2013



FONOLOGI

1.      Fonologi  merupakan bidang khusus dalam linguistik yang mengamati bunyi-bunyi suatu bahasa tertentu sesuai dengan  fungsinya untuk membedakan makna leksikal dalam suatu bahasa Verhaar (1984:36).

2.      Fonologi ialah bagian dari tata bahasa yang memperlajari bunyi-bunyi bahasa         (Keraf, 1984: 30).

3.      Fonologi ialah bidang dalam linguistik yang menyelidiki bunyi-bunyi bahasa menurut fungsinya (Kridalaksana, 1995: 57).

4.      Fonologi ialah bidang linguistik yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa, yang secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu (Chaer, 1994: 102).

5.      Secara garis besar, fonologi adalah subdisiplin dalam ilmu bahasa atau linguistik yang mempelajari bunyi bahasa (Roger Lass 1988).

Jadi,  dapat disimpulkan bahwa fonologi ialah bidang linguistik atau ilmu bahasa yang menyelidiki, mempelajari, dan membicarakan runtutan bunyi-bunyi bahasa yang terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu yang dihasilkan oleh oleh alat ucap manusia dan  berfungsi untuk membedakan makna leksikal dalam suatu bahasa.





 ST. AISYAH AZHARA (F51112901)
SASTRA DAERAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar